Menerbitkan Jejak Mitsubishi Pajero Sport, Pra Banyak Dipakai Pejabat

VIVA   –Pajero Sport dikenal sebagai mobil berperawakan gagah, dan nyaman untuk dipakai di dalam perkotaan maupun melibas trek non aspal. Tak heran jika mobil ini sering dipakai sebagai mobil dinas penguasa negara, kendaraan pengawalan, sampai penerapan pribadi masyarakat kelas menengah.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Nusantara (MMKSI), Naoya Nakamura mengatakan, masa membahas Mitsubishi Pajero Sport, kesan mobil reli Dakar sangat kuat. Sebab, mobil ini lahir sejak DNA Mitsubishi Pajero yang lulus meraih 12 gelar kemenangan di ajang reli Dakar dengan 12 gelar.  

Kesuksesan itu yang menjadi cikal bahan pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. DNA mobil reli yang kuat, membuat SUV ini bisa mengawani berbagai macam aktivitas dari para penggunannya, termasuk juga untuk konsumen di Indonesia.

“Meski merupakan jenis dengan berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional, ” ujarnya dalam pancaran pers yang dikutip VIVA Otomotif , Senin 27 Juli 2020.

Menyuarakan juga:   Bugatti Luncurkan ‘Mainan’ untuk Anak 8 Tahun, Harga Mulai Rp500 Juta

Diketahui Pajero Evolution Dakar lulus merajai gelaran reli Dakar terbatas sejak 1985 silam. Ajang ini didominasi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun, dengan tak terkalahkan & menjadi juara reli padang pasir ini mulai tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.

Kalau menilisik silsilah keluarga Pajero Sport, generasi pertamanya dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger, dan memulai debut pada 1996. Awalnya, mobil itu dipasarkan untuk konsumen di Jepang saja. Penerimaan yang positif, mewujudkan mobil itu di ekspor ke beberapa negara setahun setelahnya.

Sukses dipasarkan ke berbagai negara, pabrikan otomotif berlogo ‘Tiga Berlian’ itu menghadirkan generasi kedua yang mengombinasikan DNA tangguh dengan kenyamanan mobil buat aktivitas perkotaan. Generasi kedua Pajero Sport memulai debut di Tanah Air pada 2009.

Mobil yang dijual di Indonesia didukung mesin empat silinder berkapasitas 2. 500cc DOHC Commonrail dengan  turbocharged dan intercooled. Dua tarikh berikutnya (pada 2011), Mitsubishi menyerahkan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2. 500cc DI-D Commonrail.

Tahun 2013, SUV ini mendapat penyegaran cara eksterior dan interior yang membuatnya semakin sporty, dinamis, dan agresif. Setahun berikutnya, Mitsubishi Motors menaikkan varian baru dengan mesin petrol V6 MIVEC berkapasitas 3. 000cc yang memiliki tenaga besar dan suara yang halus.

Generasi ketiga Pajero Sport juga diluncurkan & dipasarkan di Indonesia pada 2016. Desain eksteriornya
didominasi sebab garis-garis tajam ala Dynamic Shield di bagian depan. Dapur pacunya memakai mesin baru 4N15 dua. 400cc MIVEC bertenaga 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm.

Sejak diluncurkan 11 tahun lalu, SUV ini bisa diterima dengan baik oleh asosiasi dari Sabang sampai Merauke. Situasi ini bisa dibuktikan dari populasinya yang sudah mencapai 160 ribu unit.