Mercedes-Benz Tanpa Atap Dilelang, Harganya Mampu Sampai Rp36 Miliar

VIVA   – Selain mencari mobil klasik, lelang juga kerap menjadi lokasi bagi para pehobi dan kolektor produk otomotif untuk mendapatkan kendaraan yang tidak biasa, atau diproduksi secara terpatok. Salah satu contohnya, Mercedes-Benz SLR Stirling Moss.

Ya, mobil tersebut memiliki desain dengan berbeda dari jajaran produk Mercedes-Benz lainnya. Selain berpenampilan sporty, SLR Stirling Moss tak dilengkap cermin depan dan atap. Sehingga, pilot memiliki sensasi berbeda ketika beruang di balik kemudinya.

Desainnya yang tak biasa, sempat membuat Mercedes-Benz SLR Stirling Moss menjadi bahan perbincangan para penggemar otomotif. Diketahui, pabrikan mobil  Jerman hanya memprouksi mobil tersebut sebanyak 75 unit saja. Tak aneh jika menjadi buruan kolektor.

Mendukung perangai speedster, pabrikan menjejali SLR Stirling Moss dengan mesin V8 berkapasitas 5. 400cc supercharged yang dirancang ulang. Gaya yang dikeluarkan menjadi 651 tenagakuda, lebih buas daripada model SLR lainnya.

Baca juga: Bikin Ngilu, Honda Civic Type R ‘Nyungsep’ Saat Mau Ganti Oli

Kini, lupa satu produk SLR Stirling Moss akan dilelang. Kendaraan itu muncul dari pabriknya pada Desember 2009, dan dibuat dengan spesifikasi yang berlaku di negara Eropa. Pembelinya merupakan penggemar otomotif di Luxemburg.

Melansir dari Carscoops , Selasa 21 Juli 2020, setelah dijual oleh pemilik pertamanya, mobil itu dibeli oleh seorang kolektor terkemuka di Timur Tengah. Kini mobil tersebut sedang mencari pemilik baru, dan masuk dalam jadwal di perusahaan lelang RM Sotheby.

Mercedes-Benz SLR Stirling Moss itu diklaim dalam situasi sangat baik. Odometer kendaraan ini menunjukkan, mobil dikemudikan sejauh 9 seperseribu kilometer, dan pernah juga mengikuti dalam acara Mercedes-Benz 1000 Miglia challenge tahun 2012.

Untuk keamanan dan mendukung penampilan saat mengemudi, pembeli mobil mau mendapat berbagai aksesorie, termasuk perspektif dalam tas asli mereka, topi, penutup kabin sisi kanan, beserta buku panduan dan perawatan instrumen dari pabrikan.

Belum diketahui secara pasti harga pembukaan lelang tersebut. Namun, diprediksi Mercedes-Benz SLR Stirling Moss ini mampu laku di kisaran USD2, satu sampai 2, 5 juta atau setara Rp31 miliar sampai Rp36 miliar.