Mobil Canggih Mitsubishi Dapat Tugas Terbuka di Gunung Merapi

VIVA   –Mitsubishi Outlander PHEV kembali menjalankan tugas pada kondisi darurat. Kali ini, mobil ramah lingkungan tersebut menemani tim Palang Merah Indonesia (PMI) dengan berjaga di area terdampak erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah.

Balai Penyelidikan & Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta memang sudah menginformasikan, kalau ada sejumlah prediksi potensi pokok luncuran material erupsi Gunung Merapi.

Kini, mobil pelik Mitsubishi itu disiagakan di pos pengungsian Gunung Merapi,   pada Desa Lencoh, Kabupaten Boyolali. Semasa berada di sana, petugas PMI bisa memanfaatkan sumber listrik sebab steker (colokan listrik) di Outlander PHEV, untuk menyalakan lampu serta beberapa peralatan listrik lainnya.

Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said mengatakan, kendaaraan lansiran pabrikan otomotif Jepang tersebut digunakan untuk mendukung mobilitas bagian tanggap darurat di beberapa posko evakuasi, serta menjadi sumber sediaan listrik di berbagai lokasi.

“Jika di lokasi pasokan listrik mengalami gangguan atau terputus akibat terdampak bencana erupsi Gunung Merapi, mobil ini kami kerahkan untuk membatu memasok listrik, ” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip VIVA Otomotif , Kamis 26 November 2020.

Diketahui, Mitsubishi Outlander PHEV memiliki kemampuan discharging untuk meneruskan tenaga listrik cadangan hingga satu. 500 Watt saat dibutuhkan, pertama dalam kondisi darurat. Mobil tersebut dipasarkan di Tanah Air dengan banderol Rp1, 304 miliar.

Untuk menanggung mobilitas pengguna, pabrikan otomotif berlogo Tiga Berlian itu memadukan baterai, motor listrik, dan mesin minyak bumi berkapasitas 2. 400cc sebagai dalaman penggerak.

Mobil tersebut hadir dengan tiga  mode berkendara, yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Selain itu, Mitsubishi Outlander PHEV sudah mengadopsi sistem dalang empat roda untuk menjangkau berbagai jenis jalan.

Mengaji juga: Pemakai Sepeda Motor, Kudu Waspada Saat Lampu Ini Nyala Terus.