Perut Mobil Daihatsu Tempati Tahta LCGC Terlaris di RI

VIVA   –  Semenjak tujuh tahun lalu atau tepatnya pada 2013, diluncurkan regulasi buat Kendaraan Bermotor Roda Empat Pendirian Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Dengan demikian, pabrikan otomotif kendati mulai memproduksi dan menjual keluaran tersebut kepada masyarakat.

Masyarakat awam lebih akrab menyebut KBH2 sebagai mobil LCGC ( Low Cost Green Car ). Di awal kehadirannya, ada lima merek yang mengikuti memasarkan, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, serta Datsun.

Meski demikian, Datsun menyerah & tak lagi memproduksi serta menjual produknya sejak awal 2020. Zaman ini hanya empat merek yang terus memproduksi dan memasarkan mobil LCGC di dalam negeri.

Dari kausa kehadirannya sampai saat ini, mobil ini ditawarkan kepada masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan bermotor roda dua ke kendaraan jentera empat. Tak heran, banderol LCGC hingga kini tetap berada dalam kisaran Rp100 jutaan.

Baca juga:   Mobil Bekas Tentara Turki Dijual Online, Harganya Tembus Rp890 Juta

Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), diketahui penjualan mobil-mobil LCGC dari kilang ke dilernya ( wholesales ) sepanjang Januari datang Agustus 2020 mencapai 63. 952 unit.

Jika ditelusuri, penjualan di kamar Agustus 2020 saja mencapai enam. 481 unit. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 137 persen, bila dibandingkan penjualan di Juli 2020 yang hanya mencapai angka 2. 745 unit.

Lantas, mobil LCGC apa yang terlaris selama Agustus 2020? Masih lantaran data yang sama, diketahui Daihatsu Sigra menduduki peringkat pertama penjualan dengan jumlah 2. 136 unit. Di bawahnya ada Daihatsu Ayla dengan pencapaian penjualan 1. 294 unit.

Posisi ketiga mobil LCGC terlaris ditempati oleh produk Honda Brio Satya, dengan wholesalesnya mencapai 1. 158 bagian. Menyusul di bawahnya ada Toyota Calya yang selama bulan lulus dijual 978 unit, Toyota Agya 809 unit, serta Suzuki Karimun yang mencatat wholesales 109 bagian.