Petunjuk Sederhana Bikin Helm Awet serta Bebas Penyakit

VIVA   –  Helm menjadi salah satu perlengkapan, yang wajib dikenakan ketika sedang mengendarai sepeda motor. Benda ini berfungsi menyembunyikan kepala, apabila terjadi kecelakaan dan pengendara terjatuh.

Selain itu, helm juga ampuh untuk melidungi mata dan wajah lantaran berbagai macam kotoran yang ada di jalan. Mulai dari asap knalpot, pasir dan kerikil yang terlontar dari ban kendaraan pada depan, hingga berbgaai macam virus serta bakteri yang melayang dalam udara.

Karena sifatnya sebagai tameng, maka sudah menjelma keharusan bagi pemilik untuk melakukan perawatan pada helm yang dikenakan. Hal itu dilakukan, agar kondisinya tetap awet dan bebas dibanding berbagai macam penyakit yang bisa menyerang pengguna.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Astramotor , Kamis 23 Juli 2020, helm dengan tidak mendapat perawatan akan bau dan cepat rusak. Hal itu bisa dialami oleh semua jenis, mulai dari yang murah maka banderolnya jutaan rupiah.

Baca Juga: Harga Motor Ini Bikin Ngiler

Salah satu kebiasaan pengguna yang bisa bikin helm rusak, adalah cara menaruhnya masa motor sedang diparkir. Tangkai cermin spion dan tangki bensin menjadi dua lokasi favorit pengendara mesin untuk menaruh helm mereka.

Cara dengan benar adalah dengan mengaitkannya di tempat yang sudah tersedia. Andaikata ditaruh di atas tangki, oleh sebab itu uap bensin bisa merusak busa, sementara helm yang diletakkan pada kaca spion rawan jatuh.

Agar kondisinya tetap prima, selalu bersihkan helm usai kehujanan. Air hujan yang bercampur dengan kotoran di jalan, bisa merusak tampilan pelindung kepala itu serta juga kacanya.

Tanpa pakai helm saat rambut sedang basah, karena kelembapan bisa menghasilkan busa helm cepat tipis serta rusak apabila hal itu berlaku cukup lama. Selain itu, efek munculnya jamur juga jadi bertambah besar. Terakhir, letakkan helm pada posisi terbalik usai digunakan, agar keringat yang menempel di busa bisa menguap.