Sudah 5 Dekade Mercedes-Benz Temani Penguasa dan Kaum Kaya RI

VIVA   –Nama Mercedes-Benz dikenal sebagai merek kendaraan mewah. Penggunanya kebanyakan para pengusaha, ada juga yang merupakan pejabat negara, dan apalagi menjadi mobil dinas Presiden Indonesia.

Tak hanya menjajakan produk, pabrikan otomotif Jerman tersebut juga sudah mempercayakan model kendaraannya dirakit secara lokal di di negeri. Bahkan pembuatan mobil Mercedes-Benz sudah dari puluhan tahun suram.

Ya, tahun ini pabrikan mobil berlogo Bintang tersebut merayakan 50 tahunnya ada di pasar otomotif nasional. Selama tersebut pula Mercedes-Benz memiliki produk, yang lahir di fasilitas perakitannya di Tanah Air.

President Director PT Mercedes-Benz Nusantara, Patrick Schwind mengatakan, selama 50 tahun Mercedes-Benz telah memproduksi serangkaian produk kendaraan luxury di Nusantara, untuk dipasarkan di dalam kampung.  

“Kami sudah menunjukkan dan membuktikan kemampuan, buat merakit serta memproduksi kendaraan luxury berkualitas tinggi di Indonesia. Kami memberi kesenangan kepada pelanggan ana dengan mobil penumpang yang dirakit secara khusus oleh kami, ” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif, Jumat 13 November 2020.

Selama lima dekade, Mercedes-Benz diketahui sempat dua kala berpindah lokasi pabrik mobil. Prima kali hadir di Indonesia tahun 1970-an, lokasi fasilitas perakitannya tersedia di Tanjung Priok, Jakarta Memajukan.

Photo:

  • dok. Mercedes-Benz Indonesia

Saat itu, perusahaan yang bertanda PT German Motor Manufacturing memproduksi mobil penumpang Mercedes-Benz 200, 240 D dan 280 dari kemuliaan W 115. Beberapa tahun kemudian, perusahaan yang serupa memilih lokasi penerapan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.  

Pabrik mobil Mercedes-Benz di Wanaherang itu dibangun sejak tahun 1978, dengan luas area secara keseluruhan mencapai 42 hektar. Sampai saat ini, fasilitas tersebut menjadi tempat perakitan mobil mewah jenis sedan maupun sport utility vehicle alias SUV.

Baca juga: Pakai Sabuk Tentara di Mobil Kini Lebih Semoga.