Toyota Bakal Datangkan Yaris Versi Ngebut ke Indonesia?

VIVA   –  Yaris menjadi salah satu keluaran yang ditawarkan oleh merek Toyota ke berbagai negara di dunia. Meski demikian, model dan pengkhususan kendaran antar lokasi pemasarannya mampu saja berbeda.

Di Jepang misalnya, masyarakat bisa membeli mobil hatchback bernama sama tetapi wujud dan spesifikasinya berbeda. Tak hanya itu, disiapkan pula cara kencang yang dibangun dengan persekutuan bersama Gazoo Racing team.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Yaris yang dipasarkan di Indonesia merupakan produk serupa secara di Thailand dan Malaysia. Contoh ini memang berbeda dari yang dipasarkan di Jepang.

“Bukan berarti mana yang lebih bagus atau jelek. Tapi disesuaikan dengan kebutuhan negeri masing-masing, pembelinya di Jepang dan di Indonesia juga berbeda, ” ujarnya saat konfrensi pers virtual, Selasa 8 September 2020.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Harga Toyota Yaris Baru Masuk Rp301 Juta

Terkait Yaris racikan tim balap Toyota yang dipasarkan di Negeri Sakura, Anton menyebut, mobil itu benar memiliki karakter konsumen, performa, beserta banderol yang berbeda dengan versi standar di sana.

Dari laman resmi Toyota Global, diketahui GR Yaris memiliki tampilan eksterior, fitur, dan komponen-komponen khas mobil balap. Jantung penggeraknya pun mengandalkan mesin 1. 600cc, yang dikombinasikan bersama bentuk transmisi manual.

“Memang peruntukannya berbeda, dari semua zona dan komponen banyak berbeda. Namanya Yaris juga, tetapi untuk hajat yang berbeda, ” paparnya.

Lantas, adakah rencana Agen Pemegang Merek (APM) Toyota memboyong GR Yaris ke penggemar mobil kencang di Negeri Air? Anton mengatakan, pihaknya masih terus melakukan studi terkait permintaan tersebut.

“Memang tersedia masukan dari diler dan request sejak konsumen untuk Toyota  Yaris  ragam Gazoo Racing. Tetapi saya belum bisa komentar lebih jauh, so pasti gimana, kami masih pelajari, ” kata Anton.