Walaupun Pandemi, Pelumas Mobil Tetap Dibuat di Indonesia

VIVA   –  ExxonMobil formal mengakuisisi salah satu produsen pelumas terbesar di Indonesia, yakni Federal Lubricants pada 2018 lalu. Semenjak Februari tahun ini, mereka mulai memproduksi pelumas dengan merek Mobil di Tanah Air.

Sebelumnya, proses pembuatan pelumas merek tersebut dilakukan di pabrik mereka yang ada di Singapura. Adanya pandemi COVID-19, ternyata tidak membatalkan niat mereka untuk terus bergerak di Indonesia.

“Kami sudah memproduksi pelumas merek Mobil di pabrik yang ada pada Cilegon. Tadinya, diproduksi di Jurong, Singapura, ” ujar Head of Indonesia Lubricants Market ExxonMobil, Patrick Adhiatmadja saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Rabu 9 September 2020.

Adanya pandemi menjadi tantangan bagi para produsen pelumas instrumen. Sebab, adanya pembatasan sosial berskala besar membuat banyak mobil serta motor lebih sering diparkir di garasi ketimbang melintas di hidup.

Baca juga:   Pengemudi Taksi Online yang Pakai Mobil Listrik hendak Dapat Insentif

Patrick menjelaskan, strategi yang dilakukan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia adalah secara menggelar berbagai promo, menawarkan servis di rumah, serta meluncurkan buatan baru.

“Tidak mudah menjalani kegiatan dalam masa pandemi. Tapi, kami kudu tetap eksis. Kami terus melangsungkan berbagai upaya dan penyesuaian muncul, dengan adaptasi kebiasaan baru itu, ” tuturnya.

Kehadiran fasilitas digital juga dimanfaatkan oleh mereka, baik untuk melakukan promosi maupun pendekatan terhadap konsumen. Peristiwa itu diungkapkan oleh Marketing Director EMLI, Pablo Conrad.

“Pandemi ini tidak menghalangi awak untuk tetap terhubung dengan konsumen. Kami memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan betul positif, ” jelas Conrad.